Selasa, 24 Mei 2016

Fire Alarm System

Fire alarm system atau jaringan pendeteksi Kebakaran merupakan suatu sistem yang terintegrai yang dibangun atau deibentuk untuk mendeteksi adanya gejala atau tanda - tanda kebakaran, untuk selanjutnya peringatan (warning) pada sistem evakuasi dan ditindaklanjuti secara manual atau otomatis dengan sistem instalasi pemadam kebakaran ( fire fighting system).

Fire Alarm System yang terdapat dilapangan, dikenal ada 3 sistem pendeteksi kebakaran:
1. Fire Alarm Conventional System
Sistem ini sangat sederhana dan tidak rumit dibandingkan dengan sistem pendeteksi kebakaran lainnya. Pada sistem ini control pannel menerima signal masukan (input signal) dari semua detector tanpa pengalamatan tertentu dan kemudian langsung memerintah komponen keluaran untuk merespon masukan yaitu alarm bell berbunyi, dengan syarat sistem tersebut memang sudah aktif dan berfungsi normal. Sistem ini biasanya dipasang/terinstalasi pada bangunan berskala kecil,spt perumahan, pertokoan, perkantokaran minimalais. dsb.

2. Fire Alarm Semi Addressable System
Fire Alarm System ini melakukan pengelompokan atau zoning pada detektornya (alat penerima masukan berdasarkan zona/are pengawasan). Setiap zona dikendalikan oleh zone controller yang memiliki alamat /ip address yang spesifik. Ketika detector atau alat penerima amasukan memberikan signal, maka control panel akan merespon berdasarkan zone controller yang mengumpannya. Pada pemasangan / kerjanyanya MCFA atau control panel akan terbaca alamat zona yang mendeteksi kebakaran, sehingga untuk tindakan yang smestinya diambil dapat terlokalisir berdasarkan pada zonanya.

3. Fire Alarm Full Addressable System
Sistem ini merupakan pengembangan dari sistem fire alarm semi addressable. Pada sistem ini Detector dan alat pemberi masukan (input) mempunyai alamat ( ip address) yang lebih spesifik, jadi untuk proses pemadaman serta evakuasi dapat dilakukan langsung pada titik yang sudah dapat diketahui letak terjadinya kebakaran tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar