Rabu, 18 Mei 2016

FIRE HOSE

Fire hose merupakan salah satu peralatan yang ada pada fire hydrant systems. Fire hose atau yang lebih dikenal dengan sebutan selang pemadam ini adalah alat pemadam yang berbentuk gulungan yang terbuat dari bahan polyestern atau  sintetik rubber yang dihubungkan  / disambungkan kehydrant pillar pada fyre hydrant sytem guna penyemprotan air ke titik kebakaran, fire hose disambungkan / dihubungkan ke hydrant pillar menggunakan coupling, sehingga perlu dipastikan saat memilih / membeli firehose jenis coupling yang dipilih / dipasang pada firehose harus sejenis / sepasang  dengan coupling yang ada pada hydrant pillar.


Fire hose memiliki ukuran standar 1,5" dan 2,5" dengan panjang 20 meter s/d 30 meter, apabila kawan ingin firehose dengan panjang melebihi panjang standar cukup disambung aja kawan, biasanya firehose yang satu dihubungkan dengan firehose yang lainnya menggunakan coupling juga. Selain coupling perlengkapan fire hose yang tidak boleh ketinggalan adalah nozzle hose, karena nozzle berfungsi sebagai pengarah air yang memiliki tekanan yang berasala dari pipa hydrant atau tangki mobil pemadam kebakaran.

Fire hose dan nozzle serta coupling merupakan kesatuan alat pemadam yang tidak bisa di nego lagi pemakaiannya artinya jika ada firehose maka harus ada coupling dan nozzle agar fire hose dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selang pemadam atau fire hose setelah digunakan sebaiknya disimpan dalam hydrant Box. apa itu hydrant box dan seperti apa nozzle hose, baca artikel saya selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar