Rabu, 11 Mei 2016

ISI ULANG APAR

Isi Ulang APAR sebaiknya dilakukan secara berkala, minimal 1 tahun sekali dan untuk pengecekan kelayakan dilakukan setiap 6 bulan sekali. Untuk pengecekan tabung Dry chemical powder  berkala setiap 6 bulan sekali biasanya yang dicek antara lain :
1.  Yellow seal/ segel, tabung APAR masih dalam kondisi tersegel
2.  Selang APAR dalam kondisi baik, maksudnya selang tidak sobek atau pecah
3.  tekanan APAR yang ditunjukkan oleh jarum  manometer. Apabila jarum manometer berada pada        garis hijau   itu menandakan bahwa tekanan APAR dalam kondisi baik/ tekanan berisi.Setiap              tabung APAR memiliki isi atau jenis yang berbeda-beda diantaranya, Dry chemical powder atau          sering disebut ABC powder, CO2, AFF foam, dan liquide gas atau pengganti halon.
4. Untuk mengetahui isi APAR Jenis Dry chemical sudah beku atau belum, dapat dengan cara                 langsung dibuka valve tabung APAR atau untuk yang lebih mudah dapat dengan cara APAR di           bolak balik dan dengarkan suara serbuk yang jatuh, jika suara dari serbuk yang jatuh seperti suara       pasir jatuh sedikit demi sedikit (kresss kressss kreessss) menandakan bahwa serbuk powder belum     beku, namun jika yang terdengar seperti gumpalan tanah jatuh (bleg ) menandakan bahwa serbuk       powder sudah beku.

Isi ulang APAR berkala setiap 1 tahun sekali dapat dilakukan di tempat yang menyediakan jasa isi ulang APAR seperti, distributor APAR, agen-agen APAR dll. biasanya dapat dilakukan ditempat membeli APAR sebelumnya. Pengisian APAR 1 tahun sekali dilakukan untuk menjaga umur tabung APAR itu sendiri, jika perawatan dilakukan secara baik dan benar sudah pasti tabung APAR daat digunakan untuk jangka waktu yang lama.



Isi ulang APAR pada setiap tabung APAR memiliki ketentuan waktu yang berbeda contohnya, untuk pengisian ulang Tabung APAR  Dry Chemical Powder, AFF FOAM dan CO2  isi ulangnya atau expired  setiap 1 tahun sekali, sedangkan untuk Liquide gas/Non halon isi ulang/expirednya setiap 2 tahun sekali.  Jika tabung belum expired tapi tabung sudah digunakan maka sebaiknya segera diisi ulang/direfill.

1 komentar:

  1. astaghfirullohal'adzim, MOhon maaf saya memberikan tanggapan.

    hidup itu ujian bagi setiap manusia. waktunya sangat singkat di banding waktu di aherat kelak, semua harta yang di dapat akan di pertanggungjawabkan, darima hartamu,bagaimana kamu mencari hartamu, di gunakan untuk apa hartamu.

    carilah harta dengan cara yang sesuai ajaran agama.
    hanya usaha yang halal dan berdoa yang di ajarkan agama.
    harta dari bantuan jin hanya akan membawa kemudhorotan di dunia dan aherat.

    ingatlah bahwa harta itu akan di tinggalkan saat kita di cabut nyawa, namun harta yang telah kita tinggalkan justru akan jadi pertanyaan di aherat.

    di aherat posisi harta yang kita tinggal di dunia akan menjadi pintu neraka atau pintu surga.

    kekayaan yang haq hanya bisa di peroleh dari kerja keras yang halal dan di sertai doa kepada Alloh SWT.

    BalasHapus