Selasa, 17 Mei 2016

Cara Penggunaan APAR

Cara penggunaan APAR sangatlah penting diketahui oleh setiap orang, agar pada saat terjadi kebakaran dapat segera memadamkan api dengan tabung APAR yang sudah tersedia. Tak sedikit yang belum memahami cara pemakaian tabung APAR untuk memadamkan api, sehingga kebakaran tidak dapat dicegah, walaupun sebenarnya mereka sudah memiliki tabung APAR. untuk itu saya akan memberikan sedikit ulasan tentang cara menggunakan APAR untuk memadamkan api.

Cara penggunaan APAR biasa disebut P.A.S.S, yaitu Pull, Aim, Squeeze dan Sweep.
1. Pull artinya tarik pin hingga segel pengaman putus atau terlepas, pin terdapat diatas Tabung APAR (valve APAR). Pin berfungsi untuk pengaman handle pegangan dari penekanan yang dilakukan secara tidak sengaja.
2. Aim artinya Arahkan Nozzle atau ujung selang (hose) yang dipegang ke arah pusat api.
3. Squeeze artinya tekan handle atau pegangan (gagang valve) untuk mengeluarkan atau menyemprotkan isi tabung APAR.
4. Sweep artinya gerakkan menyapu untuk memdamkan api yaitu nozzle yang dipegang arahkan ke arah kiri dan kanan (atau sebaliknya) mengikuti arah angin, agar media yang disemprotkan mengenai api secara merata dan api  cepat padam.



Cara penggunaan APAR perlu dipahami oleh setiap orang terutama para staff keamanan, security, dsb. penggunaan APAR tidaklah terlalu sulit dan jika APAR digunakan dengan baik dan benar untuk memadamkan api maka dapat dipastikan bahwa kebakaran dapat dicegah sedini mungkin. Ayo kawan miliki tabung APAR sekarang, pemesanan mudah cukup dengan telpon atau email APAR langsung sampai dirumah atau alamat yang anda minta, untuk pembayaran bisa COD kawan...... pesan sekarang (klik disini)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar