Jumat, 03 Juni 2016

TABUNG PEMADAM PORTABLE

Tabung pemadam portable lebih dikeanl dengan sebutan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan mudah dipindahkan dari tempat yang satu ketempat yang lainnya. Ukuran APAR biasanya berada dikisaran berat 1kg s/d 12 kg, jika sudah diatas 12kg biasanya disebut APAB(Alat pemadam Api Berat), cara membedakan antara APAR dan APAB adalah dari model tabung itu sendiri, jika tabung itu dilengkapi roda maka disebut APAB namun jika tidak beroda disebut APAR.

Tabung pemadam portable juka memiliki jenis yang berbeda-beda, ada yang isinya ABC Powder atau Dry Chemical Powder, Carbondioxide (CO2), AFF Foam atau Busa dan Liquid Gas. Dari masing-masing jenis tersebut memiliki fungsi atau dapat memadamkan api pada kelas kebakaran yang berbeda pula sesuai jenisnya masing-masing.

Tabung pemadam portable dengan isi ABC Powder atau Dry Chemical Powder digunakan untuk memadamkan Kelas Kebakaran A,B,dan C. Tabung pemadam portable dengan isi CO2 digunakan untuk memadamkan kelas Kebakaran B dan C saja. Sedangkan AFF Foam atau busa digunakan untuk memadamkan jenis kebakaran A dan B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar