Senin, 13 Juni 2016

SCBA

SCBA
SCBA ( SELF CONTAIN BREATHING APPARATUS )

SCBA atau yang sering disebut breathing apparataus  adalah suatu peralatan yang terdiri dari botol/ tabunG yang berisi tekanan udara, penunjuk tekanan udara ( pressure gauge ), masker dan peralatan-peralatan pembawa. SCBA atau breathing apparatus diisi dengan udara bebas sebagai peralatan bantu pernafasan (Biasanya berisi Oksigen). Berdasarkan fungsinya SCBA dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :



A. SCBA Rescue Unit
Jenis SCBA Rescue Unit adalah SCBA yang digunakan untuk alat bantu pernafasan pada saat melakukan proses pertolongan / penyelamatan maupun  digunakan pada saat melakukan pekerjaan di lingkungan yang mengandung gas berbahaya. SCBA jenis ini dapat dipakai secara optimal hingga sekitar 30 menit.

B. SCBA Work Unit
Jenis SCBA ini pada prinsipnya hanya bisa dipakai selama sekitar 10 menit, tetapi SCBA ini dilengkapi dengan alat penyambung  khusus ( quick coupling ) yang dapat disambungkan dengan cadangan udara dalam botol-botol (tabung-tabung) yang berkapasitas besar, sehingga dapat digunakan untuk membantu pernafasan sampai lebih dari 30 menit.

C. SCBA Escape Unit
Sesuai dengan jenisnya, maka SCBA ini digunakan  untuk membantu pernafasan pada saat meninggalkan lokasi kebakaran atau tempat berbahaya menuju ke tempat aman dengan waktu penggunaan SCBA kisaran 10 menit. SCBA ini dapat digunakan secara cepat, karena model maskernya mudah digunakan. Pada pengaplikasiannya SCBA jenis ini juga digunakan untuk membantu pernafasan pada korban yang menghirup atau terkena gas pada saat evakuasi pada waktu  sebelum mendapatkan pertolongan medis, sehingga SCBA ini juga disebut dengan ELSA (Emergency Life Support Apparatus ).

Pengisian atau refill botol SCBA dilakukan dengan menggunakan Air Breathing Compressor bertekanan tinggi yang dilengkapi dengan filter-filter atau penyaring  khusus untuk menyaring udara dan mengurangi kadar air. Udara yang dihasilkan Air Breathing compressor ini secara berkala dilakukan uji kandungannya, dengan tujuan untuk memastikan kondisi dan komposisi udara yang dihasilkan olehnya. Selain itu, botol SCBA juga secara berkala dilakukan Hidro Test untuk memastikan kondisi dan kekuatan botol terhadap tekanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar