Minggu, 12 Juni 2016

HOSE REEL

Hose Reel merupakan alat pemadam kebakaran yang berbentuk gulungan selang berdiameter kecil yang biasanya ditempel pada dinding, selang ini terhubung dengan jaringan fire hydrant atau pipa air bertekanan dari PDAM kota untuk alat dalam memadamkan api. Fire hose reel  diletakkan pada tempat-tempat strategis di perkantoran, sekolah, rumah sakit, hotel, pusat perbelanjaan, gudang, tempat parkir, gedung bioskop dan tempat – tempat lain yang berpotensi akan terjadi kebakaran. Jenis kebakaran yang cocok untuk dipadamkan menggunakan  fire hose reel adalah kelas A, yaitu kebakaran yang diakibatkan oleh benda – benda yang mudah terbakar seperti plastik, kain, kertas, serbuk kayu dan lainnya.

Hose Reel memeiliki  banyak tipe dan ukuran  yang dapat  digunakan menurut  kebutuhannya. Dengan panjang standart selang mencapai 36 meter, fire hose reel  ini bisa memadamkan kebakaran di titik yang jauh. Pancaran air dari jaringan pipa yang terhubung ke fire hose reel paling tidak mampu memancarkan air minimal 0.33 liter air per detik. Control Nozzle pada ujung fire hose reel dapat memudahkan operator atau pengguna  untuk mengarahkan pancaran air ke titik api.


Hose reel atau fire hose reel ini tidak cocok digunakan untuk memadamkan api kelas B dan C, Karena fire hose reel menggunakan media air bertekanan untuk memadamkan api atau kebakaran. Sifat air yang menghatarkan arus listrik dapat mengakibatkan bencana atau berbahaya bagi petugas yang sedang memadamkan api pada benda-benda elektronik atau kebakaran yang disebabkan oleh listrik dengan menggunakan hose reel tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar